Tips Pilih UPS untuk Komputer di Rumah biar Main Game Aman Tanpa Takut Mati Listrik

Komunitas gamer dan e-sport di seluruh dunia, termasuk Indonesia terus bertumbuh. Menyadur data yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, pendapatan e-sport di Indonesia mencapai angka fantastis Rp 13 triliun.

Terbaru, populasi pengguna online di Indonesia yang terdaftar bahkan mencapai 52,6 juta orang dan jumlah gamer mencapai 34 juta pemain.

Semakin banyaknya kompetisi tingkat nasional hingga global yang diselenggarakan menunjukkan bahwa minat komunitas gamer untuk menekuni keahliannya semakin tinggi. Masa pandemi Covid-19 juga menjadi momentum komunitas gamer untuk mengasah keahlian bermain game selama di rumah.

Baca juga: Perencanaan Digitalisasi Infrastuktur, Langkah Utama Menuju Rumah Sakit Pintar

Namun, bermain game di rumah bukan berarti tanpa kendala. Saat bermain, tentu Anda akan terganggu bila tiba-tiba terjadi gangguan suplai listrik atau terjadi lonjakan daya listrik saat sedang berada di tengah-tengah permainan atau bahkan sebuah kompetisi.

Kejadian tersebut tak hanya dapat menyebabkan Anda tersingkir dari permainan dan hilangnya kesempatan untuk menang, akibat yang lebih buruk juga bisa terjadi, yakni rusaknya peralatan gaming.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, gamer pun memerlukan uninterruptible power supply (UPS). UPS sendiri merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai penyedia listrik cadangan pada komputer.

Baca juga: 6 Cara Melindungi Keamanan Jaringan Smart Home dan Perangkat Pintar

Memilih UPS juga tak boleh asal. Anda perlu beberapa pertimbangan agar kualitas UPS yang dipakai sesuai dengan kebutuhan.

Baru-baru ini, perusahaan global terkemuka dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan automasi Schneider Electric melalui divisinya APC by Schneider Electric memperkenalkan APC Easy UPS BVX900LI-MS dan APC Back-UPS Pro BR1600MI. Kedua UPS tersebut didesain khusus untuk mendukung komunitas gamer.

Rangkaian produk UPS dari APC by Schneider Electric itu akan memberikan kenyamanan lebih kepada komunitas gamer agar tetap terproteksi, terkoneksi, dan bermain dengan tenang tanpa khawatir akan terjadinya gangguan daya listrik secara tiba-tiba.

APC Easy UPS BVX900LI-MS dan APC Back-UPS Pro BR1600MI berfungsi sebagai cadangan daya listrik dan stabilizer untuk melindungi peralatan gaming dan alat-alat elektronik dari tegangan listrik yang tidak stabil.

UPS seri tersebut juga memberikan cadangan daya secara otomatis ketika terjadi pemadaman sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyimpan dan memberitahukan rekan sepermainan Anda bahwa akan terjadi gangguan listrik di rumah Anda.

APC Easy UPS BVX900LI-MS dan APC Back-UPS Pro BR1600MI juga berfungsi memproteksi peralatan gaming dari kerusakan akibat tegangan listrik yang tidak stabil.

Head of Channel Sales Secure Power Division Schneider Electric Indonesia Halley Thomas Siawanda mengatakan, ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan agar produk UPS yang dibeli sesuai dengan kebutuhan proteksi Anda.

Baca juga: Schneider Sustainability Impact, Bukti Nyata Schneider Electric Wujudkan Tujuan Keberlanjutan

Pertama, perhatikan jumlah kapasitas dan ketahanan baterai dari UPS yang dibeli. Apakah cukup mengakomodasi kebutuhan cadangan daya listrik dan dapat diandalkan atau tidak.

Kedua, pilih produk UPS yang memiliki kemampuan analitik terhadap performa baterai dan dapat memberikan peringatan dini sebelum terjadi kerusakan.

Ketiga, pastikan produk UPS memiliki sertifikasi keamanan produk untuk memberikan perlindungan yang maksimal serta mudah dioperasikan.

Dari segi desain, rangkaian produk UPS dari APC by Schneider Electric memiliki bentuk yang fleksibel dan compact untuk perangkat berdaya tinggi serta rendah.

Produk UPS dari APC by Schneider Electric memiliki teknologi sine wave untuk memastikan perlengkapan gaming yang sensitif tetap bertenaga saat Anda sangat membutuhkannya.

UPS juga didukung dengan fitur pengisian baterai yang cerdas walaupun UPS dalam kondisi dimatikan dan memiliki kemampuan diagnosis yang dapat memberikan notifikasi mengenai kondisi baterai sehingga dapat mengidentifikasi potensi kerusakan.

Selain itu, UPS dilengkapi dengan LED indicator yang berfungsi sebagai indikator kapasitas baterai dan USB port.

Khusus APC Back-UPS Pro BR1600MI, UPS ini memiliki power saving mode dan LCD status display yang menampilkan status UPS berupa kapasitas serta beban baterai dalam bentuk grafik maupun angka.

Seluruh produk UPS dari APC by Schneider Electric telah melalui uji keamanan dan memperoleh sertifikasi keamanan produk. UPS yang dijual pun memiliki jaminan pergantian produk baru jika barang rusak selama dalam masa garansi 2 tahun.

Jika Anda tertarik terhadap UPS canggih dari APC by Schneider Electric, Anda dapat membelinya di toko resmi Schneider Electric di Tokopedia dan Shopee. Anda juga bisa mendapatkan promo potongan harga spesial selama periode 1–30 Juni 2021.

Mau mempelajari lebih lanjut mengenai produk UPS dari APC by Schneider Electric? Yuk, kunjungi laman www.apc.com/id.

Blogger