Strategi Manufaktur Bertahan di Masa Pandemi

Sektor manufaktur kini menghadapi tantangan remote working.
Sektor manufaktur kini menghadapi tantangan remote working.

Saat ini sektor manufaktur sedang menghadapi kondisi new normal dengan tuntutan menjalankan kebijakan remote working. Sektor manufaktur yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi dalam kegiatan operasionalnya pun membutuhkan teknologi pendukung yang dapat menciptakan kolaborasi dan pengelolaan data yang akurat dan cepat untuk pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Agar dapat menjalankan remote working yang efektif dan produktif, manajemen perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Menyediakan akses internet yang aman untuk seluruh karyawan.
  • Memberikan kemudahan akses data real-time secara digital untuk membantu pekerjaan karyawan.
  • Mempertahankan interaksi komunikasi dan koordinasi antarsesama karyawan dan dengan mesin agar tetap berjalan.
  • Menyediakan fasilitas dan teknologi pendukung untuk mengakomodasi ketiga hal tersebut.

Melansir Schneider Electric, digitalisasi atau teknologi revolusi industri 4.0 dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut dan memungkinkan pelaku industri mencapai tingkatan baru dalam produktivitas operasional dan efisiensi energi.

Digitalisasi bahkan dapat mengubah kondisi krisis menjadi peluang. Pasalnya, perusahaan yang memiliki skenario dan prosedur mitigasi yang terstruktur, akurat, dan real-time dalam kondisi krisis akan memperoleh kepercayaan dan keyakinan penuh dari pelanggan untuk tetap berbisnis. Karyawan juga dapat terus fokus bekerja dan mencapai hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, diperlukan platform digital yang menggabungkan advanced analytics dan konektivitas jarak jauh guna memberikan visibilitas penuh bagi perusahaan untuk mengidentifikasi potensi kerentanan.

Dengan memanfaatkan analisis data, pelaku industri dapat menghadapi dan meminimalisasi dampak dari ancaman yang tiba-tiba terjadi. Digitalisasi dan kemampuan pengoperasian jarak jauh juga menawarkan peluang bagi pelaku industri untuk tetap beroperasi dan bertahan selama krisis.

Tidak hanya itu, manajemen jarak jauh yang menggabungkan cybersecure remote access dan augmented reality bisa memungkinkan operator pabrik untuk terus menyesuaikan proses, melakukan pemeliharaan, dan membuat keputusan operasional dengan analisis data yang real-time untuk mendorong efisiensi bahkan ketika akses fisik ke area pabrik dibatasi atau tidak memungkinkan.

Dalam memilih solusi digital, pelaku industri perlu mencari solusi open platform dengan fitur-fitur yang komprehensif, terintegrasi, dan dilengkapi dengan sistem keamanan siber yang terbaik.

Solusi EcoStruxure dari Schneider Electric pun bisa menjadi pilihan, sebab teknologi ini memungkinkan fleksibilitas dan interoperabilitas, membantu pelaku industri meningkatkan produktivitas dan efisiensi, mendorong pertumbuhan, serta menjaga keberlangsungan bisnis.

Solusi EcoStruxure juga dapat meningkatkan keandalan performa peralatan dan mesin pabrik hingga 50 persen, meningkatkan keamanan dan keselamatan pekerja hingga 25 persen, dan mengurangi jejak karbon hingga 50 persen.

Sekarang merupakan saat yang tepat bagi sektor manufaktur untuk melakukan percepatan transformasi digital dalam menghadapi kondisi new normal pascapandemi. Perusahaan pun dituntut untuk dapat memfasilitasi kebutuhan bekerja secara jarak jauh dengan tetap aman, lebih transparan, dan lebih visual agar karyawan dapat bekerja dengan produktif serta efisien.

Dengan demikian, percepatan transformasi digital dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas tiap-tiap perusahaan.

Blogger

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store