Punya Pengalaman Terbaik di Sektor Logistik dan Maritim, Meratus Gandeng Schneider Electric

Perusahaan yang berfokus pada transformasi digital dalam pengelolaan energi dan automasi, Schneider Electric baru saja bekerja sama dengan Meratus, yakni salah satu perusahaan maritim dan logistik Indonesia yang menyediakan solusi transportasi point-to-point.

Melalui kerjasama tersebut, Schneider Electric akan bersama-sama membuat peta jalan yang dapat mendukung transformasi digital Meratus menjadi bisnis yang lebih customer-centric, berkelanjutan, serta efisien.

Baca juga: Penerapan IoT dan Edge Computing di Industri Pertambangan

Adapun nota kesepahaman yang telah ditandatangani menetapkan model co-creation berkelanjutan melalui kolaborasi yang akan menilai dan meninjau aspek-aspek penggerak bisnis strategis, seperti pengalaman pelanggan, kinerja operasional, strategi sustainability, platform data, dan model bisnis komersial.

Bersama-sama, keduanya berkomitmen untuk mengurangi tantangan logistik dan layanan yang kompleks. Kedua perusahaan juga ingin menciptakan solusi yang dapat mengurangi jejak karbon dan memberikan kecepatan, visibilitas, serta pengalaman luar biasa kepada konsumen.

Baca juga: Sebelum Waktu Habis, 3 Tindakan untuk Atasi Perubahan Iklim

CEO Meratus Farid Belbouab mengatakan, pihaknya memilih Schneider Electric sebagai partner karena perusahaan asal Prancis ini memiliki pendekatan kolaboratif yang andal serta memiliki kepemimpinan dan keahlian yang mumpuni di sektor logistik dan maritim. Keunggulan ini akan membawa nilai signifikan bagi pasar Meratus.

“Bermitra dengan Schneider Electric, berarti kami dapat memanfaatkan pengalaman mereka untuk terus membawa perubahan bagi industri dan membangun peta jalan yang lebih berkelanjutan untuk ekosistem kami,” jelas Farid.

Baca juga: Schneider Electric Hadirkan Sertifikasi Industrial Edge Computing bagi System Integrator

Adapun kerangka implementasi tersebut nantinya akan mencakup pendefinisian kembali tujuan bisnis, mengeksplorasi pengalaman lebih yang dapat diberikan kepada konsumen, meningkatkan keterlibatan dan mengevaluasi apa yang terbaik untuk mengatasi tantangan, serta diikuti dengan pendekatan pengembangan dan solusi bersama yang dibutuhkan untuk mendorong adaptasi, pengoptimalan, dan perbaikan.

Senior Vice President Process Automation APAC Schneider Electric Neil Smith menyambut baik kerja sama tersebut. Pihaknya merasa terhormat menjadi mitra Meratus untuk bisnis dan transformasi digitalnya.

Baca juga: Junjung Budaya Inklusi, Berdaya, dan Mandiri, Schneider Electric Raih Sertifikasi Great Place to Work

“Semangat kami dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan operasional sangat sesuai dengan ambisi Meratus dalam meningkatkan kinerja bisnis dan mengurangi jejak karbon,” ujar Neil.

Neil mengatakan, Schneider Electric menghadirkan keahlian konsultasi, solusi digital dan data, serta kemampuan eksekusi terbaik. Grup yang berada di bawah unit bisnis process automation ini mendukung proses transformasi digital klien di seluruh Asia Pasifik dari berbagai sektor industri, seperti logistik, rantai pasokan, minyak dan gas, serta pembangkit energi.

--

--

--

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Alek Kurniawan

Alek Kurniawan

Blogger

More from Medium

On Bergson’s Plotinus Lectures

Byters Group_Update

UCF Football : Travis Williams is the key to UCF’s Future