Transformasi Digital Bidang Energi dan Automasi ala Schneider Electric

Sebagai salah satu pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan automasi, Schneider Electric telah melakukan berbagai upaya strategis pada 2021 guna membantu dunia mengurangi emisi karbon.

Selain itu, perusahaan asal Prancis ini juga telah membantu mitra, perusahaan, dan banyak individu terkait pengelolaan energi dan automasi.

Untuk mengingat perjalanan Schneider Electric pada 2021, berikut ulasan yang bisa Anda simak.

1. Raih penghargaan Most Sustainable Corporations

Schneider Electric memperoleh pengakuan sebagai perusahaan paling berkelanjutan di dunia dalam daftar tahunan bergengsi, yakni Corporate Knights’ 2021 Global 100 Most Sustainable Corporations.

Posisi nomor satu pada penghargaan tersebut menandai lompatan besar bagi Schneider Electric yang sebelumnya berada di posisi ke-29 pada 2020.

Penghargaan itu sekaligus menjadi pengakuan tertinggi atas komitmen Schneider Electric terhadap isu lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG).

Baca juga: Solusi Edge Computing untuk Industri Makanan dan Minuman

Saat ini, Schneider Electric memperoleh 70 persen pendapatannya dan mengarahkan sekitar 73 persen investasinya pada solusi yang berkelanjutan. Schneider Electric juga memiliki kinerja yang sangat baik dalam hal keberagaman ras dan gender, serta dalam produktivitas dan keamanan dari sumber daya.

2. Dua Penghargaan dari Frost & Sullivan

Pada awal 2021, Schneider Electric juga meraih penghargaan 2020 Asia-Pacific Critical Power Infrastructure Vendor of the Year dan 2020 Asia Pacific UPS Company of the Year dari Frost & Sullivan.

Schneider Electric telah dipercaya memperoleh pengakuan di bidang itu sejak 2012 dan semakin memperkuat keunggulannya sebagai pemimpin pasar global untuk solusi data center.

Sebagai informasi, Schneider Electric meraih penghargaan Frost & Sullivan untuk pengembangan dua rangkaian produknya, yaitu Galaxy yang berfokus pada keandalan daya dan efisiensi energi serta Easy UPS yang dilengkapi dengan nilai dan fitur yang berfokus pada pelanggan.

Baca juga: Kerja Sama Schneider Electric dan Kemendikbud Ristek Majukan SDM Vokasi Indonesia

Untuk memastikan “Life Is On” di era digital, Schneider Electric memang selalu menerapkan sistem yang tangguh, terhubung, dapat beradaptasi, berkelanjutan, efisien, terintegrasi, dan andal. Hasilnya pun dapat tercermin dalam komitmen berkelanjutan Schneider Electric untuk berinovasi dan tetap relevan memberikan solusi terbaik bagi para pelanggan.

3. Dukung percepatan transisi energi terbarukan di Indonesia

Schneider Electric bersama Amazon, Body Shop, Columbia, Danone, grup H&M, Multi Bintang Indonesia, New Balance, Nike, Nutrifood, REI, Six Senses, dan VF Corporation yang tergabung dalam Clean Energy Investment Accelerator (CEIA) menyatakan dukungannya untuk mendorong pengadaan energi terbarukan di Indonesia.

Sebagai informasi, Schneider Electric semakin ambisius dengan komitmen dekarbonisasi. Sejauh ini, Schneider Electric telah meningkatkan energi terbarukan dari hanya 2 persen pada 2017 menjadi 80 persen pada 2020.

Baca juga: Schneider Electric Tingkatkan Data Center Uptime Milik 3 Indonesia Menjadi 100 Persen

Rencananya, Schneider Electric akan meningkatkan energi terbarukan hingga 100 persen pada 2030 dan mencapai nol karbon dalam rantai pasokan perusahaan pada 2050.

4. Dukung PLN tingkatkan efisiensi dan produktivitas pendistribusian listrik

Schneider Electric mendukung rencana digitalisasi PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Jaya (PLN UID Jaya) dengan melakukan kerja sama uji coba digitalisasi panel listrik.

Pada tahap awal, Schneider Electric telah memasang dan mengoperasikan produk Smart Ring Main Unit (RMU) Kubikel TM Fully Gas Insulated di Gardu PLN UP3 Lenteng Agung, Jakarta Selatan yang diintegrasikan dengan sistem SCADA di kantor UP2D Jakarta Raya.

Baca juga: Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Schneider Electric

Smart RMU terkoneksi dengan arsitektur EcoStruxure Grid yang dapat mengintegrasikan dan mengelola data untuk pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Adapun pemanfaatan produk Smart RMU dari Schneider Electric memungkinkan PLN melakukan kontrol jarak jauh terhadap performa panel, efisiensi waktu pemeliharaan, meningkatkan akurasi pembacaaan arus tengangan panel, dan meningkatkan keamanan staf teknis terhadap potensi kecelakaan kerja.

Melalui pemanfaatan teknologi digital berbasis Internet of Things (IoT), PLN dapat mengintegrasikan proses, membuat keputusan yang lebih akurat berbasis data, serta tetap kompetitif dalam mendukung kebutuhan distribusi listrik yang lebih aman, andal, efisien, dan sustainable di era industri 4.0.

5. Komitmen jangka panjang Schneider Electric di 100 negara

Schneider Electric mengumumkan percepatan strategi keberlanjutanny dengan menetapkan target yang lebih agresif untuk 2025. Target ini mencakup enam komitmen jangka panjang yang meliputi keberlanjutan iklim, sumber daya, kepercayaan, kesempatan yang sama, generasi, dan komunitas lokal.

Beberapa inisiatif yang telah dijalankan Schneider Electric untuk mendukung target tersebut terdiri dari mendorong akses yang merata untuk memperoleh pembelajaran digital bagi 24.000 siswa di India dengan pemanfaatan energi matahari bagi 100 sekolah.

Baca juga: Hemat Energi, Lampu Darurat dari Tenaga Surya

Transisi ke 100 persen penggunaan kendaraan listrik di Norwegia pada 2023. Mendukung peralihan kendaraan listrik di Korea Selatan dengan mendorong pemanfaatannya di internal perusahaan.

Menambahkan 150 referensi produk daur ulang ke dalam katalog internal Schneider Electric untuk referensi stafnya di Prancis. Meningkatkan prioritas pembelian dari pemasok yang berasal dari penduduk asli Australia sebesar lima kali lipat sebagai bagian dari Reconciliation Action Plan.

Memberikan donasi produk elektrikal melalui online marketplace untuk tujuan edukasi dan meningkatkan instalasi listrik bagi keluarga yang berisiko kesulitan energi di Spanyol.

--

--

--

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Alek Kurniawan

Alek Kurniawan

Blogger

More from Medium

Security and SIEM tools

APT38 aka LAZARUS Hacker Group Using Windows Update Service to Spread Malware

Spam Spam

screenshot of junk email offering rewards for doing a survey

Take screenshot of entire webpage easily in Google Chrome without installing any extension.