Berkat Penguatan Komponen Lokal dan Standardisasi Nasional, Schneider Electric Raih Apresiasi

Alek Kurniawan
3 min readDec 9, 2022

--

Atas komitmen dan konsistensinya dalam mendukung penguatan industri manufaktur dalam negeri melalui peningkatan komponen lokal dan standardisasi nasional, Schneider Electric mendapat sejumlah apresiasi.

Terdapat 5 penghargaan sekaligus yang diperoleh Schneider Electric, yakni Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Award dari PT PLN (Persero) untuk produk Panel Hubung Bagi Tegangan Menengah Air Insulated Switchgear (PHBTM AIS), serta 4 penghargaan SNI Award untuk penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) di keempat pabriknya yang berlokasi di Cikarang dan Batam.

Baca juga: Partnering for Sustainability, Inisiatif Schneider Electric Wujudkan Tujuan Emisi Nol Bersih

Tidak hanya itu, Schneider Electric juga mendapatkan Sertifikasi TKDN dari Kementerian Perindustrian untuk produk panel Air-Insulated modular switchboard atau dikenal dengan SM6.

Country President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste Roberto Rossi mengatakan, sebagai perusahaan global yang hampir menginjak usia 50 tahun di Indonesia, Schneider Electric terus mendukung pemerintah dalam pengembangan industri dalam negeri.

“Komitmen tersebut tercermin melalui penyediaan produk-produk terbaik, transfer keahlian dan teknologi, serta pemenuhan ketentuan yang ditetapkan pemerintah dan lembaga terkait. Dalam hal ini mencakup pemenuhan TKDN dan SNI,” kata Roberto.

Baca juga: Dapat Akreditasi WiredScore, EcoStruxure Building Schneider Electric Jadi Solusi Smart Building Tepercaya

Ke depannya, tambah Robertto, Schneider Electric akan terus meningkatkan pemenuhan TKDN di lini produk lain yang diproduksi di Indonesia.

“Salah satunya adalah sertifikasi TKDN untuk produk terbaru kami, SM AirSet — inovasi switchgear berinsulasi udara modular tanpa menggunakan gas SF6,” jelasnya.

Hadirnya solusi tersebut di pasar Indonesia merupakan bagian dari inisiatif #GREENHEROESForLife dari Schneider Electric dalam rangka mendukung upaya pemerintah menekan emisi karbon dan mencapai target emisi nol bersih pada 2060.

Komitmen dalam penguatan TKDN

Penghargaan TKDN Award diberikan kepada Schneider Electric atas komitmen perusahaan dalam meningkatkan komposisi komponen dalam negeri dalam produk PHBTM AIS.

Adapun lebih dari 35 persen komponen produk panel listrik ini diproduksi secara langsung di Pabrik Schneider Electric Cikarang, melampaui batas minimum 25 persen yang disyaratkan pemerintah.

Baca juga: Studi Schneider Electric: Hanya Sepertiga Perusahaan yang Menetapkan Target ESG

Sebagai informasi, produk panel listrik yang terdiri dari rangkaian medium voltage secondary switchgear dan medium voltage primary switchgear tersebut dipasarkan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, tetapi juga diekspor ke negara-negara di Asia Timur dan Jepang.

Selain memperoleh penghargaan TKDN Award, Schneider Electric baru-baru ini juga memperoleh Sertifikasi TKDN dari Kementerian Perindustrian untuk produk modular switchboard SM6 tipe LBS, LBS Fuse, dan Circuit Breaker.

Berperan aktif dalam pemenuhan dan pengembangan SNI

Dalam hal pengembangan standar nasional, Schneider Electric turut berperan aktif baik dalam pengembangan SNI dan berpartisipasi aktif sebagai delegasi Indonesia dalam perumusan standar di tingkat internasional.

Schneider Electric meraih 4 Penghargaan SNI Award, yaitu untuk unit Pabrik Cikarang, Pabrik Batam PEM, Pabrik Batam PEL, dan Pabrik Batam Sensor. Ini menjadi pembuktian atas upaya Schneider Electric dalam memastikan penerapan standar kualitas yang mengacu pada standar internasional dan SNI.

Sejak 2018, pabrik Schneider Electric di Batam juga ditetapkan sebagai National Lighthouse Indonesia dan Global Lighthouse Network dari World Economic Forum dalam penerapan industri 4.0 di mana penerapan digitalisasi dan automasi di pabrik Batam menjadi tolok ukur bagi pelaku industri di Indonesia dan global.

Baca juga: Pemanfaatan Energi Bersih oleh Industri Kelistrikan, Mungkinkah?

Sementara itu, Pabrik Schneider Electric Cikarang juga menjadi percontohan dalam praktik sustainability melalui penerapan sumber energi terbarukan berbasis tenaga surya dan green supply chain.

“Penghargaan ini akan semakin memberikan jaminan kepada para pemangku kepentingan di Indonesia bahwa produk-produk yang diproduksi oleh pabrikan Schneider Electric di Indonesia tidak hanya memiliki inovasi yang tinggi dalam teknologi, juga memiliki kualitas, keamanan, dan keandalan yang tepercaya,” kata Roberto.

--

--