10 Manfaat Teknologi Smart Building pada Properti Anda

Pemanfaatan connected room solution pada sistem smart building
Pemanfaatan connected room solution pada sistem smart building (Foto. iStockPhoto)

Sebagai pemilik properti komersial yang disewakan, penting bagi Anda untuk mulai memikirkan menggunakan fasilitas smart building. Pasalnya, di zaman yang semakin modern ini, transformasi digital merupakan sebuah keharusan.

Dalam fasilitas smart building, Anda bisa menggunakan teknologi connected room solution di setiap ruangan yang terhubung dengan internet of things (IoT) dan big data. Pengelolaan ruangan secara real-time dan efisiensi energi yang cerdas ini nantinya dapat menghemat biaya, memudahkan renovasi ketika dibutuhkan, serta meningkatkan nilai jual properti.

Menurut laman Schneider Electric, perusahaan global yang fokus dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik properti dan penyewa ketika sebuah bangunan menggunakan teknologi connected room solution di setiap ruangannya.

Dengan IoT sebagai intinya, connected room solution menghubungkan sensor dan berbagai perangkat menjadi solusi terintegrasi yang menghadirkan tingkat kontrol termuktahir. Ini memungkinkan penghuni gedung dapat mengontrol ruangan mereka sendiri, seperti pengaturan suhu, pencahayaan lampu, dan pengoperasian tirai jendela hanya dengan satu sentuhan dari smartphone.

Dengan begini, tingkat kenyamanan penghuni gedung akan meningkat. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 10 manfaat utama yang dapat dirasakan penghuni properti saat menggunakan teknologi connected room solution.

1. Meningkatkan user experience lebih baik

Dengan integrasi teknologi, penghuni dapat mengontrol setiap unsur yang ada di ruangannya lebih efisien dan efektif menggunakan smartphone. Hal ini akan membuat pengalaman penghuni (user experience) menjadi lebih baik.

2. Kontrol berbasis aplikasi

Aplikasi seluler sekarang memungkinkan semua penghuni untuk terlibat dengan ruangan mereka melalui cara yang benar-benar baru. Pembuatan aplikasi penghuni khusus gedung dan perusahaan memungkinkan pemilik properti menawarkan layanan bernilai tambah lainnya.

Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan manajer fasilitas untuk melihat dan mengontrol semua sistem yang terhubung dari ponsel atau browser untuk meningkatkan pemeliharaan properti dengan tetap meminimalisasi biaya pengeluaran.

3. Desain modularitas dan skalabilitas

Connected room solution dari Schneider Electric sangat modular, andal, dan efisien sehingga membuat building management system dapat lebih mudah dikontrol dan diperbaiki ketika ada masalah.

4. Fleksibilitas dalam membangun tata letak dan perubahan

Saat ada penghuni baru yang meminta perubahan tata letak (layout) ruangan, Anda sebagi pengelola gedung dapat memanfaatkan software connected room solution. Software ini tentu akan memudahkan tim manajemen fasilitas dalam mendesain ulang tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

5. Mendapatkan sertifikasi bangunan

Connected room solution dapat membantu mempermudah sebuah bangunan untuk memenuhi syarat berbagai sertifikasi efisiensi energi dan keberlanjutan (sustainable). Sertifikasi bangunan hemat energi dengan biaya pengoperasian yang rendah ini akan membantu meningkatkan nilai properti di masa depan.

6. Dilengkapi sistem analitik

Teknologi connected room solution saat ini sudah dapat mendeteksi keberadaan penghuni di ruangan tertentu dan sensor yang lebih canggih kini dapat menghitung jumlah penghuni dalam sebuah ruangan.

Dengan kombinasi sistem analitik, kemampuan semacam itu memungkinkan kontrol otomatis atas kendali heating, ventilation, dan air conditioning (HVAC) dan perangkat lainnya di dalam ruangan. Misalnya, ketika dua puluh orang memasuki ruang konferensi saat cuaca panas, AC secara otomatis akan menyesuaikan untuk memberikan aliran udara yang memadai di dalam ruangan.

7. Peningkatan efisiensi energi

Pengukuran energi di dalam masing-masing ruangan memungkinkan pengelola properti dapat mengembangkan rencana efisiensi energi yang disesuaikan untuk setiap penyewa. Hal ini akan memberikan tingkat kenyamanan yang diinginkan penyewa sambil meminimalisasi biaya energi.

8. Integrasi yang mulus

Connected room solution juga memungkinkan integrasi di beberapa perangkat secara efisien melalui BACnet, Bluetooth, Zigbee, Digital Addressable Lighting Interface (DALI), dan banyak lagi. Jadi, ini akan memungkinkan integrasi secara virtual terhadap seluruh perangkat yang ada di dalam bangunan.

9. Sistem arsitektur yang disederhanakan

Pendekatan dengan teknologi ini dapat mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan gateway dalam sistem arsitektur dan meningkatkan efisiensi perawatan baik dari aspek teknis maupun keuangan sambil memungkinkan pengoptimalan operasi.

10. Teknologi terbaru

Dengan connected room solution yang komprehensif sebagai sistem dasar, pengelola properti dapat memanfaatkan teknologi terbaru di masa mendatang. Ini tentu memungkinkan efisiensi yang lebih besar di properti Anda.

Blogger